Kamis, 20 Desember 2012

Cara Mengganti Template Blog


Apa sih sebenarnya template blog itu? Template blog atau website adalah desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya misal : gambar, stylesheet, dll. baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Atau tatanan gambar serta tulisan yang ditampilkan di layar monitor, itulah yang dinamakan template.

Di blogger atau blogspot, kita dapat dapat mengganti template blog kita secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan kita. Jika kita telah mahir membuat template sendiri, kita dapat menggunakan template tersebut untuk blog sendiri. Namun, jika masih pemula dalam membuat template, pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Jika anda belum memiliki Blog silakan baca Tutorial Buat Blog Gratis.

Selain itu,kita dapat pula mengunduh atau mendownload template blogger gratis dari penyedia template blogger, salah satu contoh website yang menyediakan template blogger tersebut adalah

Blogger Templates Blog

Blogger Styles

 

Cara mengganti template blog

Langsung ke topik utama, cara mengganti template di blogspot atau blogger ada dua cara, yaitu mengganti template dengan yang disediakan blogger, atau mengganti template dengan template yang didapat dari penyedia template. Berikut ulasannya :

Ganti Template dengan yang disediakan blogger
Berikut cara-cara untuk mengganti template dengan template yang telah disediakan blogger:
  1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik pada nama blog anda.
  3. Klik menu template.  
   
4. Klik pada pilihan template yang tersedia dengan berbagai gaya. Selain itu, anda dapat pula memilih background atau gambar latar belakang dari template tersebut. Jika sudah cocok dengan salah satu template,  klik Terapkan ke Blog. 
Selesai

Ganti Template dengan template dari penyedia template
Download terlebih dahulu template yang anda sukai pada website penyedia template blog gratis. Salah satu contoh anda bisa download di website penyedia template blogger.

File template yang di download, biasanya masih dalam bentuk terkompresi (zip atau rar), oleh karenanya anda perlu mengekstrak atau menguraikan file tersebut dengan software ekstraktor seperti WinZip atau WinRar.

 

Berikut cara-cara untuk mengganti template dengan template yang telah disediakan blogger :
  1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik pada nama blog anda.
  3. Klik menu template.
  4. Klik tombol Ubahsesuaikan / Edit HTML (jangan lupa centang expand template widget)
Buka template yang sudah anda download (biasanya berekstensi .xml) di notepad, kemudian copy paste di HTML template anda. Apabila terjadi kerusakan atau ketidakcocokan template klik kosongkan hasil edit, maka template akan kembali seperti awal. Jika sudah sesuai Klik simpan template. Gunakan fasilitas pratinjau untuk melihat hasil sebelum anda menyimpan template.

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Affiliate Program

 
© Copyright 2015 Blog SEO Blogger | All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com