Jumat, 21 Desember 2012

Backlink Blog atau Meninggalkan Jejak


Salam Semangat SEO Blogger
Dalam dunia blogger banyak dibahas tentang Backlink. Apa sih sebenarnya backlink itu ? disini saya akan sedikit membahas tentang BACKLINK.
Suatu hari saya bertemu seorang anak didepat sebuah toko. Sang anak menyapa saya dan bertanya “bapak yang kemarin belanja disini ya ?” saya jawab dan balik bertanya “iya dik, kok tau ?” kemudian sang anak menjawab “ya bulan lalu saya juga kesini pak ketemu sama bapak, eh sekarang ketemu lagi”.

Dari cerita singkat tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa walaupun kita tidak mengetahui siapa anak itu ketika kita meninggalkan jejak disitu maka orang lain yang mengetahui akan menyapa atau mengetahui siapa kita.
Begitu juga dengan backlink jika kita banyak “meninggalkan jejak” diblog orang lain berarti kita juga menanamkan backlink.

Backlink = meninggalkan jejak

Semakin banyak jejak yang ditinggalkan, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui kita. Jika orang – orang tersebut menyukai kita, kita juga akan dikunjungi oleh mereka. So rajin-rajinlah meninggalkan jejak yang baik dan unik karena hal yang unik itu mudah diingat.

Backlink sendiri terdiri dari 2 frasa Back dan Link
Back artinya kembali dan link dalam bahasa teknologi informasi merupakan teks atau tulisan yang ketika di klik akan menuju ke halaman yang lain dan ini bisa jadi ke halaman blog kita (backlink).

Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan backlink ?
Ada bermacam-macam backlink, anda bisa mencari di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci backlink gratis dan Backlink berbayar, atau backlink berkualitas dan backlink TOP saya sarankan anda sebelum mencari backlink alangkah lebih baik anda meluangkan waktu sedikit untuk melakukan penelitian tentang backlink yang akan anda pakai atau ditanam diblog anda.

Ada beberapa kriteria backlink yang dapat kita gunakan untuk menaikkan Pagerank/Peringkat (PR) dan memperbanyak pengunjung ke blog anda. Berikut kriteria menurut pengetahuan dan pengalaman saya :
  1. Anda lihat terlebih dahulu apakah blog tersebut memiliki pagerank/peringkat yang bagus dalam hal ini PR 1 s/d PR 9
  2. Seberapa banyak pengunjung atau visitor diblog tersebut (kebanyakan blog berpagerank tinggi sharing link)
  3. Konten dari blog sesuaikan dengan konten blog kita artinya jika anda menanamkan backlink tidak sesuai dengan konten blog anda, bisa jadi backlink yang anda tanamkan diblog tersebut akan percuma dan pengunjung tidak akan tertarik dan mengunjungi blog kita
Dari ketiga kriteria tersebut yang saya gunakan adalah yang ketiga, dengan alas an walaupun blognya belum punya PR bagus dan pengunjung yang banyak, kalau kontennya sesuai dengan blog saya, bisa jadi pengunjung di blog tersebut akan melirik saya dan mengunjungi blog saya.

Menanam backlink tidak harus instan, malah yang instan itu yang dicurigai google. Butuh konsistensi dalam membangun backlink. Cari backlink yang cocok dan berkualitas sebanyak mungkin, maka blog anda akan segera kebanjiran pengunjung dan tentunya PR blog anda akan naik.

Tapi sebelum anda menanam backlink, usahakan anda sudah mengoptimalkan template blog dan melakukan teknik SEO dasar.

Selamat mencoba kawan…!!

Tidak ada komentar:

Affiliate Program

 
© Copyright 2015 Blog SEO Blogger | All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com