Minggu, 13 Januari 2013

Cara membuat background blog transparan

Salam Semangat SEO Blogger !!

Mendesign blog sangat digemari bagi pecinta blog. Banyak cara yang dilakukan supaya blog terlihat menarik, salah satunya dengan mendesign bagian background blog menjadi transparan. Ini tentunya disesuaikan dengan design blog itu sendiri.

Apa yang membuat background itu terlihat transparan? 
Tentunya dengan menambahkan kode berikut : 
opacity :78;filter:alpha(opacity=78); 

Bagaimana caranya?

Jika kita ingin membuat transparan bagian navbar, maka tempatkan kode tersebut pada CSS navbar. Hasil modifikasinya terlihat seperti berikut:

#navbar{background: #00000 opacity :78;filter:alpha(opacity=78); } 

Kode #00000 adalah kode background asli, warnanya bisa diganti dengan mengganti 00000 dengan kode warna lain, ini bisa menggunakan fasilitas color picker atau lewat photoshop. Setelah di tambahkan kode "opacity" dan "filter:alpha(opacity)" maka background tersebut akan menjadi transparan. Sementara kode angka '78" adalah untuk mengatur tingkat transparan yang diinginkan. Semakin tinggi nilainya maka transparanya akan berkurang, sebaliknya jika dikurangi maka backgroundnya akan semakin transparan. 

Apabila kita ingin membuat background post yang transparan, maka carilah CSS post background pada edit HTML template blog, dan settinglah sesuai dengan keinginan kita. 
#post {background: #00000 opacity :78;filter:alpha(opacity=78); } 

Mungkin susunan CSS-nya akan berbeda untuk masing-masing template blog, sesuaikan saja dengan kondisi blog kita, dan carilah kode yang mirip dengan kode di atas. Setelah itu tambahkan kode 

Jika ingin mengganti warna dengan efek gambar, tinggal mengganti kode warna (# 00000 )dengan url gambar yang didapat dari internet, bisa dari photobucket atau upload gambar kita ke album online untuk mendapatkan url-nya. Maka hasilnya nanti sebagai berikut:

#post { background: url (http://......) opacity:.78;filter:alpha(opacity=78); } 

Hati-hati, karena nilai yang terlalu kecil ternyata berpengaruh pada tulisan pada halaman blog yang diberi transparansi.

Hasil yang maksimal dapat diperoleh dari hasil eksperimen sendiri, karena itu jangan pernah ragu untuk mengganti tingkat transparannya hingga didapat hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk menyimpan template asli sebelum memodifikasinya, siapa tau nanti terjadi kesalahan yang tidak disengaja.
( Hanya sekedar coba-coba dan testing )

Tidak ada komentar:

Affiliate Program

 
© Copyright 2015 Blog SEO Blogger | All rights reserved powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com